Jumat, 07 Desember 2012

Cara Belajar Lebih Efektif untuk Pelajar


Belajar adalah hal yang wajib bagi seorang pelajar. Tampa belajar tentu kita tidak dapat mengerjakan soal-soal yang diberikan kepada kita.Cara belajar untuk masing-masing orang berbeda dengan orang yang lain. Dan hasilnya pun akan berbeda pula. Kita mungkin sering gelisah , bingung dsb. Suada belajar pagi, siang, malam kok tatap saja tidak bisa mengerjakan soal-soal dari guru. Kenapa?? … Nah pertanyaan ini harus kita jawab. Kita harus mengevaluasi cara belajar kita yang lalu. Apakah cara belajar kita sudah benar? Apakah harus mengganti dengan cara belajar yang lain ? yang mungkin lebih efektif.

Sebelum ibu menyampaikan cara belajar efektif ibu akan menyampaikan macam-macam tipe kecerdasan manusia.

Kecerdasan adalah: Kemampuan unutuk menyelesaikan problem dengan benar dan waktu yang relative singkat.

Jika seorang anak misalnya si Ahmad dia bisa menyelesaikan soal-soal lebih cepat dari teman-temannya berarti si Ahmad adalah anak yang cerdas. Apabila si Ridwan manpu menyelesaikan soal-soal kelas XI  berarti si Ridwan anak yang sangat cerdas.

Dulu orang mengatakan bahwa anak yang  cerdas digambarkan dengan berIQ ( intelligence Quotion) tinggi.  Sebalaiknya orang bodoh adalah mereka yg ber IQ rendah. Namun pengukuran kecerdasan seperti ini mempunyai banyak ketyerbatasan karna hanya anak-anak yang mampu berbahasa dan berhitung dengan baik yang dikatakan cerdas. Padahal masih banyak kemampuan yang dimiliki oleh seorang manusia. Sehingga timbullah teori keserdasan yang dikenal dg: Multiple Intelegence. Yaitu:Kecerdasan manusia dianggap memiliki tujuh dimensi , yaitu:

1.      Linguistik (cerdas berbahasa): Membaca, menulis, berkata-kata
2.      Musik (cerdas musical) : bersiul, bersenandung, bernyanyi
3.      Matematika logis ( cerdas angka): bereksperimen, Tanya jawab, berhitung
4.      Visual spasial (cerdas gambar) mendesai, corat-coret, menggambar
5.      Kinestetik fisik ( cerdas gerak) : berlari, menari , menyentuh, isyarat
6.      Sosial interpersonal (cerdas bergaul): berdiskusi, memimpin, berorganisasi, humas
7.      Intra personal(cerdas diri) meredung, menyusun tujuan, beribadah

Jadi dengan teori ini maka “TIDAK ADA MANUSIA YANG BODOH”.
Asalhan dia mau mengembangkan potensinya dengan baik Insya Allah dia akan menjadi orang yang berhasil. Tidak menjadi jaminan orang yang IQ nya tinggi akan sukses dimasa depannya. Tetapi bisa jadi orangb yang kelihatannnya biasa-biasa saja waktu sekolah . Ternyata dia berhasil dalam hidupnya.
Nah agar kita dapat sukses dalam belajar  ada beberapa cara efektif dalam belajar yang mungkin sesuai dengan diri kalian:

1.     Berdoa sebelum belajar
Ini sangat penting agar kita dimudahkan dalam belajar. selain itu agar yang kita lakukan tidak sia sia dan bermanfaat.
2.     Pilih waktu yang tepat
Siang hari adalah waktu yang tepat untuk belajar. Jika pada pagi hari kita konsentrasi untuk bejar di sekolah , maka pergunakanlah waktu pulang sekolah untuk mengulang kembali pelajaran karena fikiran masih fresh. Dan pada malam hari digunakan untuk aktifitas belar yang lebih ringan seperti mempuat PR, membaca majalah dll.
3.     Suasana yang tenang
Suasana perlu diperhatikan, dimana suasana tidak boleh gaduh dan tenang sehingga konsentrasi kita untuk belajar tidak terganggu oleh suara-suara dari luar.
Matikan HP
Usahakan saat belajar serileks mungkin, kalau bisa sambil diiringi musuk klasikal atau ayat-ayat suci Al-Quran:  karna bisa menambah semangat belajar
4.     Tempat yang nyaman
Untuk belajar agar efektif tempat yang kita pilih harus nyaman, dimana kita dapat belajar dengan penuh kenyamanan dan apa yang kita pelajari dapat dimengerti.
Berrsih, perlengkapan sudah disiapkan
5.     Sedikit demi sedikit
Sebaiknya kita belajar sedikit demi sedikit bukan langsung sekaligus, karena itu tidak akan efektif malah otak kita menjadi lelah dan akhirnya jadi down.
Hindari belajar mendadak sebelum ulangan
Jika ingin menghafal sebaiknya dilakukan menjelang tidur karna pada saat kita bangn akan tetap teringat
6.     Membuat ringkasan
Dengan membuat ringkasan akan memudahkan kita dalam belajar dan menghafal atau memahami.
Menulis kembali pelajaran yang sdh diajarkan
Setelah di baca buat kesimpulan dengan kata-kata sendiri
Mengulang pelajaran tidak hanya harus dengan di baca atau di tulis tapi bisa dengan mengajari teman-teman.
7.     Membuat kelompok belajar
Dengan dibentuknya kelompok belajar akan memudahkan kita semisalnya kita waktu belajar ada kesulitan maka dapat ditanyakan sama teman-teman kelompok belajarnya dan dapat saling bertukar pikiran, tapi kita harus selektif dalam memilih kelompok belajar soalnya sekarang belajar kelompok itu tidak dipergunakan untuk belajar tapi malah digunakan untuk ajang bermain atau ngobrol
8.     Jangan tergoda untuk menyontek
walau Anda tidak bisa mengerjakan ujian atau tugas yang diberikan guru. Menyontek hanya akan menumbuhkan mental pengecut dan pecundang. Membuat kita malas belajar karena terbiasa mengambil jalan pintas(menyontek). Apalagi jika ketahuan, citra kita di mata guru dan teman – teman lainnya  akan hancur.

SEbenarnya masih banyak cara –cara belajar yang efektif kalian bisa temukan di internet . Tapi tentu saja semuanya akan kembali kepada kita
(KHADIK)

0 komentar:

Poskan Komentar